Rabu, 28 Maret 2012

Budidaya Jamur Tiram di daerah Panas


Ingin budidaya jamur tiram? Apa lagi dibuat bisnis, memang sangat menguntungkan. Tingginya permintaan pasar dan mudahnya proses budidaya jamur tiram merupakan salah satu alasan mengapa jenis jamur tiram lebih sering dibudidayakan masyarakat dibandingkan jenis jamur lainnya. Walaupun begitu, sampai hari ini terdapat sebuah kendala yang sering dihadapi para pemula dalam menjalankan bisnis budidaya jamur tiram. Faktor kendalanya adalah pemilihan lokasi budidaya yang sesuai dengan habitat hidup jamur tersebut.

Biasanya pertumbuhan jamur tiram akan optimal sepanjang tahun jika lokasi budidaya jamur tiram sesuai dengan habitat aslinya, yakni di kawasan pegunungan atau di daerah dataran dengan ketinggian antara 400 sampai 800 meter di atas permukaan air laut (mdpl), serta memiliki suhu udara sekitar 20 sampai 28°C dengan tingkat kelembapan sekitar 70% sampai 80%. Pertanyaannya sekarang adalah bisakah jamur tiram dibudidayakan di daerah panas?

Bagi Anda yang berada di daerah dataran rendah khususnya di lingkungan yang cukup panas seperti Kota Probolinggo ataupun Kota Pasuruan, kini tidak perlu takut lagi untuk mencoba budidaya jamur tiram. Sebab ada banyak cara khusus yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati kondisi lingkungan di sekitar Anda. Untuk mengenal informasi selengkapnya, ayo kita bahas bersama delapan tips bisnis yang bisa Anda gunakan untuk membudidayakan jamur tiram di daerah panas.

Pertama, langkah mudah pertama yang bisa Anda coba adalah membuat bangunan kumbung jamur dengan sistem sirkulasi buka tutup. Yang dimaksud buka tutup disini yaitu menutup sirkulasi kumbung jamur di siang hari agar kelembapan di dalamnya tetap terjaga, dan jangan lupa membukanya pada malam hari sehingga suhu ruangan di dalam kumbung jamur bisa lebih dingin untuk menjaga kelembapan.

Kedua, gunakan bahan atap (proof) yang tidak menyerap panas alias memantulkan panas. Hal ini penting agar intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kumbung jamur tidak berlebihan yang menyebabkan hilangnya kelembapan di dalam ruangan. Beberapa bahan yang bisa Anda pakai sebagai atap kumbung jamur antara lain anyaman bambu atau, genteng.

Ketiga, faktor kelembapan merupakan syarat utama yang harus terpenuhi dalam budidaya jamur tiram, sebab kelembapan udara sangat berpengaruh pada pertumbuhan jamur itu sendiri. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meletakkan beberapa tong/wadah air di dalam kumbung jamur untuk meningkatkan kelembapan ruangan atau di isi dengan balok es cara ini masih jarang digunakan.

Keempat, karena, lokasi budidaya jamur berada di daerah panas, maka usahakan untuk membuat bangunan kumbung di tempat yang teduh atau dekat dengan pepohonan atau Anda bisa menanam pohon yang tinggi disekitarnya. Selain itu hindari pula pembuatan pintu kumbung yang berada di arah matahari terbit atau terbenam, hal ini dilakukan untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke ruangan kumbung yang bisa menghilangkan kelembapan didalam ruangan kumbung.

Kelima, lindungi sekitar lokasi kumbung dari sinar matahari langsung yang terlalu menyengat. Anda bisa melakukannya dengan cara menanam banyak pohon rindang (perdu) disekeliling kumbung jamur atau juga Anda bisa memberikan sterofon untuk melapisi tembok dalam ruangan, cara ini juga masih jarang dilakukan.

Keenam, untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam kumbung jamur tiram, usahakan tinggi bangunan kumbung dibuat lebih tinggi atau tidak kurang dari 4 meter tidak lebih.

Ketujuh, perhatikan semua rak penyimpanan baglog jamur yang dibuat. Bila di daerah dingin rak yang dibuat pada kumbung jamur bisa mencapai lima tingkat, pastikan rak yang dibuat di daerah panas tidak lebih dari tiga tingkat agar tingkat keberhasilan tinggi.

Kedelapan, karena lokasi kumbung jamur berada di daerah panas, maka sebisa mungkin lakukan penyiraman lebih sering dibandingkan di daerah pegunungan. Penyiraman baglog jamur bisa Anda lakukan minimal tiga kali dalam sehari.

Nah, dengan demikian Anda dapat dengan mudah jika ingin mmbudidayakan jamur tiram meskipun daerah Anda merupakan daerah yang panas namun tetap cari daerah yang banyak pepohonannya. Silahkan mencoba peluang bisnis jamur dimanapun Anda tinggal. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang jangan ragu lagi... Salam sukses,,,. (bisnisukm.com)

budidaya jamur tiram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan melakukan spam di situs ini atau para hackker merusak situs anda